Thursday 2 January 2020

BAGAIMANA CARA SCREENSHOT WINDOWS 7 PADA LAPTOP KOMPUTER

Cara Screenshot Windows 7 - Setelah sebelumnya Anda belajar mengenai cara screenshot di handphone, kini saatnya Anda tahu cara screenshot Windows 7 pada laptop atau computer. Cara screenshot di hp mungkin sudah banyak yang tahu, tapi untuk screenshot pada layar komputer/laptop banyak yang bingung dan belum mengetahui caranya. Sebenarnya melakukan screenshot pada laptop sangatlah mudah. Anda bisa mencobanya dan berikut ini penjelasannya.
Bagaimana Cara Screenshot Windows 7 pada Laptop/Komputer
1. Print Screen dan ALT + Print Screen
Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan dan mungkin sudah banyak yang tahu. Hanya saja, cara ini terbilang kurang praktis karena Anda membutuhkan aplikasi lain untuk memudahkan proses screen shoot. Carilah tombol Print Screen pada keyboard, biasanya bertuliskan PrtSc atau Print Scr dan berbagai tulisan lainnya. Sedangkan letaknya tergantung merek laptop atau computer. Langkah yang harus Anda tempuh sangat mudah. Pertama siapkan jendela Windows yang akan Anda print screen B atau Anda ambil layarnya. Kemudian tekan tombol Print screen pada keyboard dan paste lah dengan klik kanan kemudian pilih paste atau melalui langkah singkat CTRL+V pada program lain seperti Photoshop, Ms. Paint, Corel Draw atau software editing lainnya kemudian simpan. Untuk kecepatan, sangat disarankan gunakan MS. Paint karena merupakan program bawaan Windows.

Perbedaan menggunakan tombol print screen saja dan ALT + Print Screen terletak pada banyaknya laman yang bisa di screen shoot. Jika menggunakan print screen Anda hanya bisa menangkap tampilan yang terlihat pada monitor sedangkan jika menggunakan ALT + print screen Anda bisa menangkap tampilan secara keseluruhan halaman web, bukan hanya yang terlihat di monitor.

2. Cara screenshot Windows 7 dengan Snipping Tool
Cara sebelumnya memang terbilang ribet karena harus menggunakan aplikasi lain. Nah dengan snipping tool lebih memudahkan Anda. Snipping tool merupakan aplikasi bawaan Windows yang sengaja dibuat untuk memudahkan pengguna melakukan screen shoot pada computer. Dengan snipping tool Anda bisa memilih area mana yang akan di ambil untuk discreenshot, tanpa menginstalnya. Berikut ini langkah melakukan screen shoot dengan aplikasi snipping tool.

a. Bukalah aplikasi Snipping tool melalui klik Start kemudian pilih Windows, All Program dan masuk ke menu accessories. Atau setelah klik Start Anda bisa mencarinya langsung dengan mengetik “Snipping tool”.

b. Jalankan snipping tool yang telah terbuka dan kursor akan beralih fungsi guna memilih area yang akan di screen shoot.

c. Setelah di pilih, jendela akan tampil dengan hasil screen shootnya.

d. Klik simpan atau save dengan file JPG, JPEG atu PNG, bebas dipilih.

Mudah bukan cara melakukan screen shoot pada laptop dengan Windows 7? Cara-cara yang telah dijelaskan di atas bisa Anda gunakan Windows yang lebih tinggi yaitu Windows 8 dan Windows 8.1. Demikian pembahasan mengenai cara screenshot Windows 7, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment