Wednesday, 13 November 2019

Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional 2019 Terlengkap

Bagi kamu yang ingin melamar CPNS namun belum tahu alur pendaftaran. Nah supaya mempermudah dalam Registrasi CPNS 2019 sebaiknya kamu ketahui dulu langkah langkah daftar CPNS 2019.


alur-pendaftaran-cpns-2019\
Hal - hal yang harus dipersiapkan

Sebelum kamu mendaftar ke Instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran, adapun dokumen yang perlu dipsersiapkan yaitu sebagai berikut:

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkip Nilai
  • Pas Foto
  • Dokumen lain sesuai dengan Instansi yang akan di lamar

TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2019


TATA-CARA-PENDAFTARAN-CPNS-2019






  • Pelamar harus masuk ke Portal SSCASN 2019 seperti link diatas
  • Pelamar di wajibkan untuk memahami tata cara dan syarat pendaftaran dengan teliti
  • Dari menu layanan Informasi,lalu klik Info Lowongan untuk mencari informasi terkait dengan Instansi, jabatan, lokasi penempatan,pendidikan, jenis Farmasi dan jumlah Farmasi SSCN 2019 yang di buka




 tata cara pendaftaran CPNS 2019


  • Klik Alur untuk melihat tata cara pendaftaran CPNS 2019, pelamar wajib membaca dengan teliti dan memperlajari supaya tidak ada informasi yang tertinggal sebelum melanjutkan ke proses pendaftaran
  • pelamar hanya dapat melamar 1(satu )jabatan dalam 1(satu)jenis formasi (Formasi umum/Formasi khusus lulusan Terbaik(Cumlaude)/Formasi khusus putra putri papua dan Papua Barat /Formasi Khusus Disabilitas /Formasi Diaspora/Formasi Tegana Keamanan Siber) di i(satu)Instansi
  • Untuk melanjutkan ke proses pendaftaran, klik "Registrasi "kemudian akan tampil halaman " Pendaftaran Akun SSCASN 2019 seperti gambar berikut ini


pendaftaran-akun-sscn-2019

  • Klik " Heldesk " untuk bantuan dan pengaduan jika kamu menemukan kendala pada saat pendaftaran
  • Klik FAQ untuk mencari permasalahan terkait SSCASN 



Daftar Melalui menu SSCN 

Apabila pelamar siap untuk mendaftar, ikuti langkah langkah berikut ini

  • Klik " Pendaftaran " maka akan tampil laman pendaftaran seperti berikut ini



Daftar-Melalui-menu-SSCN

  • Masukan Nomor Induk Kependudukan(NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK) Nama lengkap sesuai KTP, Tempat lahir sesuai KTP, dan tanggal lahir sesuai KTP
  • Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data KTP, silahkan menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku panitia Seleksi Nasional (Panselnas)

NIK-tidak-sesuai

  • Masukan kode Captcha yang terlampir
  • Setelah data diatas kamu masukan, kemudian  Klik " Lanjutkan " untuk proses selanjut nya 

isi-data-data-pendaftaran

  • Pada proses ini,pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah, proses pemberkasan CPNS menggunakan data ijazah sebagai pokok Kepegawaian yang terdiri dari Nama lengkap sesuai yang tercantum di Ijazah,tempat dan tanggal lahir, pastikan semua data yang kamu isi telah benar
  • Upload Pas Foto sesuai dengan keterangan di aplikasi dengan cara mengklik " Choose File "kemudian cari foto yang akan di " Unggah " kemudian klik " OPEN "



unggah-foto

  • Pelamar dapat memilih " Klik Ini " untuk mengunggah ulang Pas Foto
  • Adapun data lain yang diperlukan adalah:
  1. E-mail (masukan alamat email yang Valid dan masih Aktif)
  2. Password dan konfirmasi Password (Masukan Password yang mudah di ingat)
  • Harap mencatat dan mengingat password yang telah kamu buat karena akan digunakan untuk login pendaftaran SSCN
  1. Pertanyaan keamana 1(pilih pertanyaan keamanan anda)
  2. Jawaban pengaman1 (Masukan jawaban pertanyaan 1 yang telah anda pilih)
  3. Pertanyaan Pengaman 2 (Pilih pertanyaan pengaman anda)
  4. Jawaban pengaman 2 ( Masukan jawaban pertanyaan yang telah kamu pilih)
  5. Captcha ( Masukan kode captcha yang terlihat

  • Pastikan kamu telah mengisi semua data dengan lengkap dan benar, data yang telah berhasil di simpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah kembali
  • Kemudian klik " Lanjutkan "
  • Halaman pemberitahuan bahwa pendaftaran ke Portal SSCASN 2019 berhasil, kemudian klik " Cetak Informasi Pendaftaran"untuk mencetak kartu informasi akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun SSCASN 2019, harap menyimpan kartu tersebut dengan baik

pengecekan-ulang-data



  • Pada tahap ini pendaftar harus melakukan pengecekan ulang terhadap 
  1. Nama
  2. Tempat Lahir
  3. Tanggal Lahir
  4. Pas Foto
  5. Data Data lain nya supaya tidak ada yang salah
  • Klik " Kembali " jika kamu menemukan kesalahan pada data yang di imput sebelum nya supaya dapat diperbaiki, kemudian klik " Proses pendaftaran akun " untuk memproses pendaftaran akun
  • sebelum akhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang di imput telah sesuai atau belum, seperti pada gambar berikut ini

  • Untuk mencetak kartu informasi akun, pilih menu " Cetak Informasi Pendaftaran"

cek-informasi-pendaftaran

  • Setelah berhasil mencetak informasi akun, pelamar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu " Lanjutkan Login pendaftaran "

Login ke SSCN dan Isi Biodata

  • Setelah pelamar berhasil membuat akun, akses " https://sscn.bkn.go.id " kemudian klik tombol " Login " yang tertera di sudut kanan atas, atau klik tombol " Lanjutkan Login Pendaftaran " setelah pelamar mencetak kartu Informasi akun


Login-ke-SSCN-dan-Isi-Biodata
  • Harap membaca seluruh informasi dan himbauan yang tercantum di aplikasi sebelum melajutkan proses login, pastikan pendaftar:
  1. Mengakhiri pendaftaran di tahapan terakhir (RESUME) agar berkas dapat di Verifikasi oleh Instansi
  2. tidak diperkenankan untuk merubah data setelah mengakhiri pendaftaran
  3. perhitungan usia pada saat melamar di hitung pada waktu " Mengakhiri Pendaftaran"
  • Kemudian masukan NIK dan password yang telah anda daftarkan, kemudian klik " MASUK " seperti pada gambar berikut ini

login-pendaftaran-sscn


  • Upload Foto Selfie /swafoto dengan memegang KTP/surat keterangan perekaman data Dinas Dukcapil dan kartu Informasi akun
  • Klik " Choose File " kemudian cari foto yang akan di unggah, tampilan foto yang telah di unggah dapat di lihat pada bagian " Swafoto Anda"

Upload-Foto-Selfie-atau-swafoto
  • Pada Form ini, pelamar dapat mencetak ulang kartu informasi akun pada tombol " Cetak ulang kartu Infromasi Akun", bila pelamar telah mengunggah swafoto, klik " Selanjutnya " untuk ke halaman pengisian biodata
  • Pada Form ini pelamar masih bisa merubah beberapa data yang ada pada akun sebelum nya yaitu 
  1. Nama Sesuai Ijazah
  2. Alamat Email
  3. Jenis kelamin

  • Lengkapi kolom gelar depan Ijazah dan gelar belakang Ijazah

depan-Ijazah-dan-gelar-belakang-Ijazah




  • Bagi pelamar yang tidak memiliki gelar depan atau gelar belakang isi dengan tanda strik ( - )
  • Kemudian pilih jenis " Disabilitas " pada menu yang tersedia
  • Lengkapi alamat Domisili anda saat ini, Provinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Nomor HP, Agama, akun media Sosial, kemudian isi Captcha yang tersedia

Lengkapi-alamat-Domisili


  • Bila data telah dilengkapi kemudian klik " Selanjutnya " dan akan muncul laman pengisian Formasi

pengisian-Formasi




  • Pilih Instansi. Jika instansi yang dipilih belum tampil dalam daftar tersebut, silahkan periksa kembali pengumuman instansi mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yang akan di lamar
  • Pilih jenis formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi, pilihan jenis formasi dapat dapat di lihat dipengumuman formasi


pilihan-jenis-formasi




  • Klik " Pilih "dan isian Form akan tampil, pelamar dapat mengubah instansi dan formasi  yang di pilih dengan klik " Ulang"




  • Pilih pendidikan sesuai Ijazah
  • pilih jabatan yang akan dilamar, jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih
  • pilih lokasi Formasi
  • pilih lokasi Test, kewenangan ini diberikan oleh instansi jika peserta diperbolehkan memilih lokasi test, jika pilihan ini tidak tersedia maka lokasi test akan ditentukan oleh instansi
  • isi IPK sesuai dengan yang tercantum di transkip nilai, contoh:
  1. 3,3
  2. Nilai IPK menggunakan tanda .(Titik) dan dua digit dibelakang koma
  3. untuk formasi lulusan SMA / sederajat isi dengan Nilai Ijazah
  • untuk instansi yang mewajibkan nilai test bahasa Inggris , silahkan memilih jenis tes berdasarkan persyatan instansi

nilai test bahasa Inggris



  • berikut beberapa jenis tes yang dapat dipilih oleh pelamar 
  • Isi nomor ijazah
  • isi tahun lulus sesuai dengan yang tertera di ijazah
  • isi jenis perguruan tinggi ( Dalam Negeri atau Luar Negeri)
  • Isi tanggal ijazah sesuai dengan yang tertera di ijazah
  • ketik Nama sekolajh untuk jabatan setingkat SMA atau sederajat dengan mengisi Nama sekolajh sesuai dengan yang tertulis di ijazah
  • Ketik Nama Universitas/Perguruan Tinggi atau sekolah. Kolom ini merupakan " Auto Complete" , untuk mengisi nama Universitas /perguruan tinggi, masukan beberapa huruf atau kombinasi nama panjang /nama singkatan/penambahan nama daerah
  • Ketik Universitas / perguruan tinggi atau sekolah sesuai dengan yang tercantum di ijazah
  • Isi Nama Program Studi (Prodi), pada saat mengisi nama prodi, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut


Isi Nama Program Studi

  • Jika nama prodi yang dipilih telah terdapat data akreditasinya di BAN-PT maka data akreditasinya akan tampil

data akreditasinya
Jika nama prodi tidak tampil, maka pelamar dapat mengisinya secara mandiri akreditasi program studinya (A,B,C)atau yang lainya, akkreditasi yang dimaksud adalah akreditasi lembaga atauprodi pada saat lulusan 


PENGISIAN FORMASI P1/TL2018



PENGISIAN FORMASI P1/TL2018
  • Pilih instansi yang dilamar, jika instansi yang dilamar belum tampil dalam daftar tersebut, silahkan periksa kembali pengumuman instansi mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yang akan dilamar
  • pilih jenis formasi sesuai dengan formasi  yang dibuka oleh instansi, pilihan jenis formasi dapat dilihat pada pengumuman formasi


jenis formasi sesuai dengan formasi
  • klik " Pilih " dan Form isian akan aktif pelamar dapat mengubah instansi dan formasi yang dipilih dengan klik " Ulang 
  • pilih pendidikan yang sama dengan pendidikan saat mendaftar di SSCN 2018
  • Pilih jabatan yang dilamar, untuk jabatan boleh berbeda dengan jabatan dilamar saat SSCN 2018
  • pelamar yang ingin menggunakan Nilai P1/TL Tahun 2018, dapat memilih formasi, jabatan dan instansi yang berbeda dengan tahun 2018, asalkan tingkat pendidikan dan pendidikan yang sama


pelamar yang ingin menggunakan Nilai P1/TL Tahun 2018

  • Jika anda termasuk peserta P1/TL tahun 2018, maka akan tampil informasi seperti pada gambar berikut ini




  • Pelamar memilih lokasi Formasi
  • pada bagian P1/TL , akan tampil Nilai SKD tahun 2018 dan passing grade SKD jabatan yang di lamar pada SSCN 2019 sebagai perbandingan 
  • Pelamar P1/TL yang nilai SKD 2018 yang memenuhi passing grade SKD 2019 " dapat memilih untuk ikut ujian SKD atau Tidak", bila pelamar ingin ikuti ujian namun tidak hadir pada saat ujian, maka di nyatakan GUGUR, pelamar yang memilih ikut ujian akan di ambil nilai SKD yang baik
  • Jika nilai SKD tahun 2018 tidak memenuhi passing grade jabatan yang dilamar pada SSCN tahun 2019, maka pelamar wajib untuk mengikuti SKD 2019.

  • pilih lokasi test. kewenangan ini diberikan oleh instansi jika pelamar diperbolehkan untuk memilih lokasi test. jika pilihan tidak tersedia maka lokasi test akan ditentukan oleh instansi yang di lamar
  • isi IPK sesuai dengan yang ada di transkip Nilai
  • untuk instansi yang mewajibkan nilai bahasa Inggris, silahkan memilih jenis tes berdasarkan persyaratan instansi







Unggah Dokumen
  • Setelah Pelamar melengkapi pengisian formasi, tahap selanjutnya adalah unggah (Upload )Dokumen jika instansi mensyaratkan pelamar untuk upload dokumen



  1. pilih jenis dokumen yang akan di unggah, pilihan jenis dokumen yang di unggah akan berbeda beda sesuai dengan persyaratan instansi
  2. perhatikan jenis dokumen dan ukuran yang di unggah ke system
  3. klik " Unggah " cari dokumen tersebut
  4. status dokumen akan berubah menjadi " sudah di unggah " jika prosses unggah dokumen berhasil
  5. pelamar dapat melihat dokumen yang telah di unggah dengan klik " LIHAT "
  6. Jika pelamar salah unggah dokumen, klik saja " Unggah" kemudian cari dokumen yang di maksud,system akan menyimpan dokumen yang terakhir di unggah
  7. jika pelamar mengunggah file yang ukuran nya melebihi batas maksimal, maka akan ada peringatan
  8. Setelah pelamar mengunggah semua dokumen tersebut, klik "Selanjutnya "
  9. Pelamar wajib membaca dan memperhatikan " ketenttuan unggah Dokumen" yang tercantum

RESUME PENDAFTARAN SSCASN


Setelah pelamar melengkapi dokumen yang di unggah, maka akn tampil halaman resume, pada tahap ini pelamar wajib melakukan cek kembali data data yang di isi maupun dokumen yang di unggah, pastikan tidak ada yang salah. Jika pelamar masih belum yakin dengan data yang telah dilengkapi atau dengan instansi/formasi/jabatan yang dipilih, pelamar dapat kembali ke Form " Sebelum nya" kemudian perbaiki data.



RESUME-PENDAFTARAN-SSCASN


Pada tahap ini, peserta harus memeriksa kembali data yang sudah dilengkapi pada system, pastikan semua data telah sesuai dan benar, silahkan periksa kembali dokumen yang sudah di unggah dengan memilih tombol " Lihat " jika sudah yakin tidak ada data yang salah, maka pelamar dapat menandai seluruh kotak yang ada pada tampilan yang tersedia. Kemudian klik " Akhiri dan proses pendaftaran " dan tandai kotak, dengan mengklik tombol tersebut, pelamar bersedia menanggung resiko apabila data yang dilengkapi tidak sesuai dengan dokumen.


Akhiri-dan-proses-pendaftaran

Kemudian akan tampil notifikasi bahwa data tersebut tidak dapat diubah, klik " IYA ", kemudian akan tampil halaman "Final Resume" yang mana pelamar tidak dapat mengubah data kembali, pada laman ini pelamar dapat mencetak " kartu Informasi akun" dan kartu pendaftaran SSCN 2019 dengan mengklik 










MASA SANGGAH

Apa yang dimaksud dengan masa sanggah. Masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggah yang diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap " PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI ", pelamar diberikan waktu sanggahan 3 hari setelah instansi mengumumkan hasil kelulusan seleksi administrasi , dan  7 hari bagi instansi untuk memproses sanggahan pelamar, pelamar dapat mengecek kembali hasil sanggahan di akun SSCN 2019.

Masa sanggah dilakukan jika hasil seleksi administrasi tidak sesuai dengan berkas yang sudah di unggah oleh pelamar yang merupakan kesalahan verifikasi instansi.



Cetak kartu peserta ujian




Nah itulah ulasan yang admin buat dalam artikel ini seputar petunjuk pendatfaran sistem seleksi SPNS Nasional 2019, semoga dengan adanya cara cetak kartu CPNS tersebut bisa membantu kamu yang masih bingung bagaimana cara cetak kartu informasi CPNS. Untuk informasi lebih jelas silahkan kunjungi situs resminya. Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan.

No comments:

Post a Comment