Tuesday 7 January 2020

7 Cara Mengatasi Instagram Sering Keluar Sendiri (Tanpa Factory Reset) di Hp Android

Instagram Keluar Sendiri - Bagaimana cara mengatasi aplikasi instagram yang sering keluar sendiri ? Sebagai pengguna hp android tentu kalian pernah mendapatkan suatu notifikasi seperti "unfortunately instagram has stopped" atau "Sayangnya, instagram telah berhenti".

Munculnya pemberitahuan tersebut sering kali akan membuat aplikasi instagram menjadi error, biasanya akan ditandai dengan akun instagram tiba tiba log out sendiri.

Mungkin apabila masalah lag atau aplikasi instagram yang mendadak berhenti tersebut hanya terjadi satu / dua kali saja pada hp android, kita tidak akan terasa terganggu. Namun bagaimana jika error pada ig tersebut selalu terjadi di ponsel android yang kita miliki ?

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini akan mencoba memberikan 10 cara mengatasi instagram yang tidak menanggapi tersebut pada ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Agar Tidak Keluar Sendiri di HP Android

instagram keluar sendiri

Tentu sudah kita ketahui bahwa aplikasi yang sering force close sering kali disebabkan oleh performa smartphone yang mulai menurun.

Namun bagaimana jika aplikasi yang sering berhenti mendadak tersebut hanya terjadi pada aplikasi instagram saja ? Mari kita simak penjelasan berikut,

Kenapa Akun Instagram Tiba Tiba Keluar Sendiri ?


Perlu untuk kamu ketahui bahwa penyebab munculnya notifikasi "instagram tidak menanggapi. anda ingin menutupnya ?" tersebut biasanya dikarenakan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

  • Koneksi internet terputus sehingga saat akan membuka instagram terkesan malah seperti keluar dari aplikasi secara mendadak.
  • Versi android yang belum diperbarui sehingga tidak bisa membuka aplikasi instagram
  • Kehabisan ruang penyimpanan yang mengakibatkan instagram tidak merespon
  • Terlalu banyak menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu

Maka dari itu untuk mengatasi error pada akun instagram yang tidak bisa dibuka tersebut, kami sudah mempersiapkan beberapa langkah yang bisa untuk kalian coba. Diantaranya :

10 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Yang Sering Logout Sendiri (Force Close) di HP Android


1. Gunakan Koneksi Internet Yang Stabil

Cara mengatasi instagram tidak menanggapi

Seperti yang sudah kami beritahukan sebelumnya bahwa salah satu penyebab instagram keluar sendiri adalah jaringan internet yang buruk.

Untuk itu coba cari koneksi internet yang bagus disekitar kamu atau bisa juga cari lokasi yang menyediakan jaringan WiFi yang stabil.

2. Tutup Paksa Kemudian Restart HP Android

Cara mengatasi instagram tiba tiba berhenti

Jika koneksi internet sudah bagus namun saat kita membuka aplikasi ig selalu menutup sendiri maka coba lakukan force close atau dalam pengaturan hp android biasanya dikenal dengan paksa berhenti.

Untuk memaksa berhenti aplikasi instagram kamu bisa lakukan dengan cara :

  • Masuk ke Pengaturan lalu pilih Pengelolaan Aplikasi > cari aplikasi Instagram > lalu pilih tab Paksa Berhenti / Force Stop.

Agar proses pemulihan bisa maksimal sebaiknya restart terlebih dahulu hp android kamu setelah melakukan langkah tersebut.

3. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi Instagram

Cara mengatasi instagram keluar sendiri

Terlalu banyak cache pada aplikasi instagram juga bisa mengakibatkan performa ponsel menjadi berkurang. Alhasil aplikasi instagram akan sering terhenti terus jika kondisi hp android mulai menurun.

Untuk itu kamu perlu menghapus file cache tersebut dengan cara sebagai berikut :

  • Masuk ke Pengaturan lalu pilih Pengelolaan Aplikasi > cari aplikasi Instagram > lalu pilih tab Penyimpanan kemudian pilih > Hapus Data > Bersihkan Cache.

Namun sebelum melakukan hal tersebut, pastikan bahwa kamu tidak melupakan nama akun dan password instagram.

Sebab setelah proses di atas untuk masuk aplikasi instagram, kamu harus login terlebih dahulu karena aplikasi ig kembali seperti awal kita mengunduhnya.

Dikarenakan tidak login secara otomatis tersebut jangan sampai setelah clear cache dan data malah membuat kamu tidak bisa masuk akun instagram karena lupa kata sandi.

4. Hapus Aplikasi Yang Membebani Ponsel Kamu

aplikasi sering keluar sendiri di android

Apabila kamu sudah menghapus cache dan data aplikasi namun masih saja muncul notifikasi "Sayangnya instagram telah berhenti", bisa jadi hal ini disebabkan karena performa handphone android yang mulai menurun.

Maka dari itu coba hapus salah satu aplikasi lain yang sekiranya memakan banyak RAM dan Penyimpanan Memori.

5. Install Kembali Aplikasi Instagram

penyebab instagram sering lag

Meskipun jarang namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk terjadi, yaitu hapus lalu instal kembali aplikasi instagram.

Alasan kita menghapus aplikasi instagram tersebut karena mungkin adanya file corrupt sehingga aplikasi tersebut selalu keluar dengan sendirinya. Hal ini biasanya terjadi apabila kamu sebelumnya mengunduh instagram tersebut tidak melalui google playstore.

Jadi jika memang seperti itu, jangan ragu untuk menginstall kembali aplikasi instagram agar masalah keluar sendiri tersebut segera teratasi.

6. Update Aplikasi Instagram di HP Android

Cara mengatasi instagram terhenti terus

Langkah berikutnya adalah dengan memeriksa versi aplikasi instagram yang terpasang di hp android, apakah instagram hp kamu masih menggunakan versi lama ?

Jika masih menggunakan aplikasi instagram versi lama maka kemungkinan terbesar penyebab tiba tiba log out akun ig yang kamu miliki adalah karena hal tersebut.

Solusinya adalah dengan mengunduh aplikasi instagram versi terbaru untuk mengatasi masalah bugs dan update fitur - fitur terbaru.

7. Perbarui Sistem Operasi Android

penyebab instagram keluar sendiri

Dan ini menjadi langkah yang terakhir, apabila aplikasi instagram sudah pada versi terbaru dan kapasitas memori hp android sudah jauh dari aplikasi yang memberatkan kinerja ponsel namun instagram masih saja keluar sendiri maka pembaruan sistem adalah solusinya.

Untuk mengecek dan memperbarui sistem hp android, kamu bisa lakukan dengan cara berikut :

  • Buka menu Pengaturan > cari menu Tentang Ponsel > periksa pada menu Pembaharuan Sistem 

Itulah beberapa langkah yang perlu untuk kalian coba ketika instagram di hp android kamu mulai sering muncul pesan error dan aplikasi menjadi keluar sendiri.

Dan jika kamu menggunakan hp android dengan baterai removeble, saat melakukan restart hp android jangan lupa untuk melepas baterai beberapa saat. Dengan tujuan merefresh secara maksimal sistem pada smartphone android tersebut.

Demikian pertemuan kita yang baru saja membahas masalah aplikasi instagram yang sering menutup sendiri tersebut.

Sekarang giliran kamu, mau mencoba semua langkah di atas atau langsung saja untuk memperbarui aplikasi instagram seperti yang sering saya lakukan saat aplikasi instagram error. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment